Pola Makan Sehat Untuk Mencegah Hipertensi

Pola makan sehat untuk mencegah hipertensi adalah dengan mengurangi konsumsi lemak yang berlebih. Pembatasan konsumsi lemak sebaiknya dimulai sejak dini sebelum hipertensi muncul, terutama pada orang yang mempunyai riwayat hidup keturunan hipertensi dan pada orang menjelang lanjut usia. Sevaiknya mulai umur 40 tahun pada wanita agar lebih berhati-hati dalam mengonsumsi lemak pada usia mendekati menopause. Prinsip utama dalam melakukan pola makan sehat adalah gizi seimbang dengan mengonsumsi berbagai makanan yang seimbang dari kualitas dan kuantiitasnya yang terdiri dari :

  1. Sumber karbohidrat : biji-bijian
  2. Sumber protein hewani : ikan, unggas, daging putih, putih telur, susu rendah lemak.
  3. Sumber protein nabati : kacang-kacangan dan polong-polongan serta hasil olahannya
  4. Sumber vitamin dan mineral : sayur dan buah-buahan segar

Hipertensi adalah suatu keadaan dimana tekanan darah meningkat melebihi batas normak. Batas tekanan darah normal bervariasi dengan usia. Berbagai faktor dapat memicu terjadinya hipertensi, walaupun sebagian besar (90%) penyebab hipertensi tidak diketahu (hipertensi esensial). Penyebab hipertensi atau darah tinggi dapat dikelompokkan dalam enam kelompok yakni peningkatakn aktivitas sistem renin-angiostenin, peningkatan aktivitas gluko-kortikoid, peningkatan reabsorbsi  Natrium, peningkatakn volume plasma dan peningkatan aktivitas vasokonstriktor.

Pola makan sehat untuk mencegah hipertensi dilakukan dengan mencegah terjadinya penyakit lanjut yakni stroke atau infark jantung. Makanan yang harus dihindari dan dibatasi adalah :

  1. Makanan yang berkadar lemak jenuh tinggi (otak, ginjal, paru, minyak  kelapa, koyor, gajih)
  2. Makanan yang diolah dengan menggunakan natrium (biskuit, crecker, keripik, dan makanan kering yang asin)
  3. Makanan yang diawetkan (dendeng, asinan sayur/buah, abon, ikan asin, pindang, udang kering, telur asin, selai kacang)
  4. Susu full cream, mentega, margarine, keju mayyonaise, erta sumber protein hewani yang tinggi kolesterol seperti daging merah (sapi, kambing), kuning telur, kulit ayam.
  5. Bumbu-bumbu seperti kecap, maggi, terasi, saus tomat, saus sambal, tauco serta bumbu penyedap lain pada umumnya mengandung garam natrium
  6. Alkohol dan makanan yang mengandung alkohol seperti durian, tape, nanas.

Pola makan sehat untuk mencegah hipertensi juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi kedelai. Kedelai meriupakan salah satu alternative terbaik ntuk dikonsumsi penderita hipertensi, karena kedelai  banyak mengandung fito kimia, yaitu fitosterol da fito estrogen. Fitosterl adalah fito kimia yang berperab menghambat penyeraoan kolesterol sehingga dapat menurunkan penyerapan kolesterol total dan menurunkan kadar kolesterol darah.


=====================================

>>> Kapsul Cellery Membantu Mencegah, Mengatasi dan Mengobati Hipertensi (Darah Tinggi), Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Tanda-Tanda Darah Tinggi and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *